Info Jual Beli Mobil Bekas


  1. Dijual Daihatsu Xenia Xi Deluxe Tahun 2008, Harga Rp 90Juta Nego.

  2. Sebentar Lagi Seluruh Showroom Di Pekanbaru Akan Bergabung di Pekanbaru.Mobi Situs Jual Beli Online.

29 November 2014

Otomotif Terimbas Penaikan Harga BBM

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menaksir turunnya penjualan kendaraan bermotor sebagai imbas penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan berlangsung selama dua bulan. “Bicara BBBM itu pasti ada pengaruhnya, ada penurunan 1,5 atau 2 bulan. Perkiraan kami 10 persen-15 persen, setelah itu akan kembali lagi,“ ujar Ketua Gaikindo Sudirman M Rusdi di Jakarta, kemarin.

Sudirman mengungkapkan tidak ada upaya khusus dari industri otomotif untuk kembali meningkatkan penjualan, sebab penjualan kendaraan akan terdorong mana kala ekonomi bertumbuh. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi kuartal III/2014 mencapai 5,01 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, atau melambat dari kuartal II/2014 yang sebesar 5,12 persen.

Menurutnya, saat ini penjualan mobil di kisaran 1,2 juta unit. Angka itu sama dengan tahun lalu dan proyeksi 2015 kurang lebih sama. “Angkanya sama, tahun ini 1,2 juta unit tahun depan 1,2 juta. Dasarnya mem perhatikan inflasi, suku bunga, dan nilai tukar. Namun, kami per kuartal melakukan review, setelah kuartal pertama masuk, kami akan review kembali untuk melihat.

“Adapun proyeksi pertumbuhan penjualan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) di tahun mendatang ada di kisaran 13 persen-14 persen. Proyeksi tersebut sama dengan pertumbuhan tahun ini. Menurut Sudirman, target itu bisa tercapai dengan asumsi pasar sama dengan tahun ini.

Lebih lanjut, ia memperkirakan pertumbuhan industri otomotif akan kembali moncer pada 2016. Saat itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi akan lebih baik. Dengan begitu, pertumbuhan sektor otomotif akan kembali meningkat. “Kalau 2016 ekonomi tumbuh, otomotif akan ikut lagi. Berdasarkan 6 tahun pengalaman seperti itu,“ katanya.

Ketua III Gaikindo Jongkie Sugiarto mengungkapkan pihaknya mendorong penaikan harga BBM jenis solar dan premium yang selama ini disubsidi. Malahan, Gaikindo menginginkan mobil yang diproduksi dari 2006 ke atas memakai BBM nonsubsidi.

“Gaikindo maunya mobil yang 2006 ke atas memakai BBM nonsubsidi yang oktannya 91 ke atas. Memang seharusnya ke situ, harusnya pakai bensin yang benar dong, selama ini kan salah terus,“ katanya. (Wib/E-3) Media Indonesia, 25/11/2014, halaman 18