Info Jual Beli Mobil Bekas


  1. Dijual Daihatsu Xenia Xi Deluxe Tahun 2008, Harga Rp 90Juta Nego.

  2. Sebentar Lagi Seluruh Showroom Di Pekanbaru Akan Bergabung di Pekanbaru.Mobi Situs Jual Beli Online.

14 Mei 2012

Mazda2 Irit BBM Segera Meluncur

Mazda sudah berjanji akan memperkenalkan lebih banyak lagi model mobil yang mengusung mesin SKYACTIV. Lalu kapankah mobil kecil seperti Mazda2 bisa menggunakannya?

"Model selanjutnya tunggu saja. Tunggu saja, pokoknya dalam waktu dekat. IIMS? Tak jauh-jauh dari situ," kata Program Manager SKYACTIV PT Mazda Motor Indonesia Corporation, Susumu Niinai.

Di Jepang, Mazda sudah melahirkan Mazda2 Skyactiv. Tapi seperti yang dijelaskan Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia (MMI) Astrid Ariani Wijana, Mazda2 yang hadir itu belum mengusung 4 elemen Skyactiv yakni bodi, mesin, transmisi dan sasis.

"Mazda2 SKYACTIV yang diluncurkan di Jepang itu, SKYACTIV-nya baru di bagian mesin. Nantinya kita (Mazda) buat sepenuhnya mulai dari mesin, transmisi, mesin dan casism. Jadi lengkap sepenuhnya," tutur Astrid.

Model terbaru dari Mazda2 yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2011 di Jepang dan 2012 di pasar global ini memiliki efisiensi tinggi hingga mampu berjalan sejauh 30 km hanya dengan meminum 1 liter bensin atau 1:30 km per liter atau setara dengan konsumsi sebuah mobil hybrid.

Dalam pengujian detikOto, selama ini, konsumsi BBM Mazda2 varian R/MT di dalam kota Jakarta mencapai 10 liter untuk 100 km, atau 1:10.

Jadi dengan demikian angka konsumsi BBM 1:30 ini cukup mencengangkan sebab mampu menyaingi konsumsi BBM sebuah mobil hybrid. Prius saja dalam pengetesan kami hanya mampu mencatat angka 1:20.

Apa saja yang membuat Mazda2 makin irit?

SKYACTIV pada Mazda dipersenjatai dengan mesin 1.300 cc direct injection SKYACTIV-G 1.3 berbahan bakar bensin.

Efisiensi bahan bakarnya bisa tercapai berkat rasio kompresi yang tinggi yakni 14:1. Mazda mengklaim angka ini merupakan yang tertinggi di dunia.

Selain itu, Mazda2 juga mengadopsi sistem idling stop yang unik yang dinamai i-stop. i-stop selama ini memang sudah menjadi fitur Mazda, namun Mazda makin memperbaiki fitur hemat BBM itu. Dengan demikian ketika mobil kembali dinyalakan, mesin hanya membutuhkan lebih sedikit bahan bakar.

Teknologi lainnya adalah "intelligent-Drive Master" (i-DM). Fitur ini membantu pengemudi dalam kenyamanan berkendara.

Dengan kombinasi mesin SKYACTIV-G 1.3, i-stop dan teknologi lainnya, Mazda2 akhirnya bisa mencapai angka 1:30 untuk konsumsi BBMnya.

Sumber DetikOto (oto.detik.com)