Info Jual Beli Mobil Bekas


  1. Dijual Daihatsu Xenia Xi Deluxe Tahun 2008, Harga Rp 90Juta Nego.

  2. Sebentar Lagi Seluruh Showroom Di Pekanbaru Akan Bergabung di Pekanbaru.Mobi Situs Jual Beli Online.

22 Juli 2009

"Masculine Dad Challenge" Bersama New Ford Everest di Bali

KOMPAS.com — Seusai me-launching New Ford Everest (25 Juni lalu), PT Ford Motor Indonesia (FMI) mengemas dua kali acara ride & drive. Pertama, satu hari setelah peluncuran yang dilakukan di Sentul, Bogor. Yang kedua, pengujian terhadap generasi ke-3 SUV ini dipusatkan di Bali dengan kemasan spesial "Masculine DAD Challenge with New Ford Everest 2009", 1-3 Juli lalu.

Kenapa harus sampai dua kali ride & drive dan dikemasnya di kota yang jauh pula? Karena, New Everest ini termasuk salah satu produk andalan FMI di pasar SUV. Seperti dibilang Presiden Direktur FMI Will Angove, Everest generasi ke-3—setelah yang pertama lahir 2003 dan kedua 2007—ini punya desain dengan memberikan sentuhan mewah, daya muat besar, dan keamanan penuh pada pengendaranya.

Di pasar nasional, Everest termasuk yang dijagokan FMI. Dalam pemaparannya, Brand Manager FMI Roy Lontoh menjelaskan, untuk mid utility vehicle (MUV) 4x4, Ford masih tergolong best seller dan tahun lalu total terjual 10.875 unit. Sedang pasar Everest sendiri di segmen 4x4 menguasai 56 persen. "Tertinggi masih tetap di fleet," tambah Direktur Pemasaran FMI, Davy Tuilan.

Lebih Elegan

Ketika menyaksikan sosok New Everest di Bali, tampak tampilannya lebih elegan dan kontemporer. Paling mencolok, desain gril yang lebih ramping dengan tiga garis horizontal, dipadu lambang Ford di tengah dan bar di bagian atas bertulis "Everest".

Rancangan kontemporer tampak pemakaian roof rack dengan warna kombinasi perak plus aksen hitam di bagian atas. Adanya ventilasi udara di bawah pilar A menunjukkan ketangguhan, ditambah pemakaian ban 16 inci dan 18 inci (untuk seri tertinggi), Everest siap diajak ke segala medan.

Apalagi ditunjang mesin Duratorq 2.5L 16-valve TDCi Commonrail turbo diesel. Menurut Davy, dapur pacu ini sama persis dengan Ford Ranger D-Cab 4x2 XLT 2.5L DOHC TDCi, baik yang bertransmisi manual atau matik. Kompas.com sudah menjajal tenaga New Ranger di Cisaat, Sukabumi, beberapa waktu lalu.

Dengan keunggulan pada torsi yang menghasilkan 330 Nm di putaran mesin 1.800 rpm, tanjakan terjal 45 derajat bisa dilibas dengan menggunakan gigi persneling tiga. Memang di kelasnya, torsi yang dipunyai New Ranger dan New Everest terbaik di kelasnya.

Bedugul

Lantas kenapa ride & drive-nya di Bali? Ada dua tujuan utama. Pertama, menurut Davy, memenuhi janji kepada dealer karena berhasil mencapai target penjualannya. "Untuk Bali, market Ford lumayan bagus," ungkap Davy.

Kedua, melalui "Masculine DAD Challenge with New Ford Everest", kata Davy, menjadi wujud aspirasi dari seorang ayah dalam menerima tantangan yang beragam dalam bentuk permainan. Dimulai dengan panahan, flying fox dan silverboard. Yang terakhir ini mirip arung jeram, cuma bukan dengan perahu—dimuati beberapa orang—tapi menggunakan pelampung berbentuk sandal untuk setiap orangnya.

Sedangkan tantangan di kendaraan, para wartawan yang tersebar di Ford Everest sebanyak 6 unit, dipandu melalui FMI-ngobrolmedia.com menggunakan handphone BB. Kompas.com kebetulan mendapat mobil Everest 10-seater.

Untuk interior masih sama dengan yang 7-seater. Ada aux input jack untuk menyambung MP3 (kelebihan dibandingkan kompetitor di kelasnya). Yang unik justru desain bangku depan menyatu dan belakang (berhadapan) duduk bersila. "Kalau ada yang ingin mengganti dengan model terpisah (depan) dan menghadap ke depan (belakang), harus ke luar biaya sekitar Rp 8 juta," bilang Will Angove. Model seperti ini, lanjutnya, karena permintaan dari perusahaan.

Dimulai dari Hotel Grand Inna (2/7), peserta dituntun menuju Bedugul dengan menghampiri beberapa pos. Dalam mencari pos yang paling seru menuju Pasir Pantai Putih. Di situ, tim harus mengambil dua bendera—satu anggota naik sepeda dan tiga lainnya naik perahu ke tengah laut.

Rute yang dilalui pun sampai Saranam Eco Resort (tempat menginap) belum begitu menantang karena masih di dalam kota. Baru keesokan harinya ke tempat permainan sailerboard, sempat dimasukkan ke jalan tanah plus aspal sempit penuh dengan tikungan tajam.

Mesin 2.5L TDCi Cammorail tidak mengalami kesulitan. Apalagi dengan torsi yang 330 Nm di 1.800 rpm, jalan menanjak dapat ditaklukkan dengan mudah. Asal, harus bisa menjaga putaran mesin normal di setiap gigi. Bila diperlakukan seperti ingin mengirit BBM—putaran mesin dipertahankan sampai paling rendah, baru dipindahkan—akan sulit mendapat tenaga awalnya.

Dengan teknik menjaga putaran mesin dan melakukan perpindahan (naik) setiap gigi persneling tidak melewati maksimum tenaga torsi, efisiensi bahan bakar didapat cukup bagus. Bila FMI mengklaim 10km/L, dalam lomba ini Kompas.com bisa mencapai 13/L.